BNN Lampung akan Bentuk Desa dan Kampus Bersih Narkoba

Bandar Lampung (lampost.co) -- Badan Narkotika Nasional (BNN) Lampung akan membentuk Desa Bersih Narkoba (Bersinar). BNN juga akan me...



Bandar Lampung (lampost.co) -- Badan Narkotika Nasional (BNN) Lampung akan membentuk Desa Bersih Narkoba (Bersinar). BNN juga akan menggadeng perguruan tinggi menjadi kampus Bersih Narkoba.

Kepala BNNP Lampung Brigjen Pol I Wayan Sukawinaya mengatakan  akan ada 10 desa/kelurahan yang dipilih dalam program tersebut.

Jumlah minimal desa tersebut akan dipilih dari kabupaten/kota yang sudah memiliki perwakilan BNN Kabupaten Kota, seperti Metro, Way Kanan, Tanggamus, Lampung Timur, dan Lampung Selatan.

Namun, Mantan Dirintelkam Polda Bali tersebut belum memaparkan secara rinci, desa mana yang bakal ditunjuk. "Jadi kita punya 5 BNNK, dari masing-masing daerah, saya target dua desa/kelurahan bersinar, saya kemarin sudah kunjungi beberapa kampus UIN, UBL, Teknokrat  untuk kampus bersinar," ujarnya.

Karakteristik yang akan ditunjuk, yakni desa yang ditemukan ada peredaran narkoba, dengan skala cukup besar. Awal mula, BNN akan membangun komitmen dengan apratur tingkat kabupaten, kecamatan, hingga tingkat desa, terutama ditingkat desa, lurah, kades, hingga babimkamtibmas.

Kemudian pranata sosial di wilayah tersebut, seperti kelompok pengajian, kelompok masyarakat lainnya di desa digerakan, dengan harapan faktor pendorong pengaru-pengaruh mengkonsumsi narkoba bisa dihilangkan.

"Mulai awal Juli sudah action, dan saya target tiga bulan ke depan harus ada terwujud," katanya.

Sebelumnya, Kepala BNNP Lampung Brigjenpon I wayan Sukawinaya mengatakan, menggandeng perguruan tinggi menjadi salah satu program kerja Mantan Dirintelkam polda bali tersebut, dalam memahami secara spesifik masalah kongkrit narkoba di Lampung, guna mengurangi demand (permintaan).

Kampus bakal digandeng dengan program Kampus Bersinar (Bersih Narkoba). Pihak perguruan tinggi dilibatkan dalam dua sektor, yakni penelitian guna mengetahui secara spesifik faktor, dan karakteristik serta penyeban orang khususnya di Lampung ketergantungan Narkoba, dan juga sebagai tempat untuk mengkampanyekan melawan penggunaan narkoba dalam rangka Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba.

Sejauh ini sudah tiga Kampus yang dikunjungi oleh I Wayan, yakni Universitas Teknorkat Indonesia (UTI), Universitas Bandar Lampung (UBL), dan UIN Raden Intan Lampung.

Tak hanya tiga kampus, tersebut secara bertahap seluruh Kampus juga akan dikunjungi, dan digandeng oleh BNNP Lampung. Tentunya, guna menemukan formulasi yang tepat, terkait faktor penyebab konsumsi dengam pola penekanan demand. "Semua kampus akan kita datangi," paparnya.

Selain Kampus Bersinar, BNNP Lampung juga berencana akan mendorong adanya desa atau kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar). Namun belum dipaparkan secara spesifik, desa atau daerah mana nanti yang akan ditunjuk.

Berdasarkan data dari BNNP Lampung pada tahun 2019, terdapat 24 desa/kelurahan/kampung daei 5 kabupaten/kota  yang masuk dalam kategori rawan narkoba.

Yakni,Bandar Lampung (Kelurahan Panjang Utara, Kelurahan Kaliawi, Kelurahan Pasir Gintung, Kelurahan Keteguhan, Kelurahan Negeri Olok Gading, Kelurahan Bakung, Kelurahan Gedong Pakuon, Kelurahan Sukajawa Baru, Kelurahan Beringin Raya, Kelurahan Penengahan, Kelurahan Sidodadi, Kelurahan Wayhalim Permai, dan Kelurahan Jagabaya Dua), Kabupaten Lampung Selatan (Desa Merakbatin, Desa Pemanggilan, dan Desa Bakauheni), Kabupaten Lampung TImur (Desa Adirejo), Kabupaten Way Kanan (Kampung Negeri Baru, Kampung Blambangan Umpu, Kampung Banjar Agung, Kampung Gunung Labuhan, dan Kampung Bukit Gemuruh), Kabupaten Mesuji (Desa Wiralaga I dan Desa Wiralaga II).

Angka Prevalensi Pengguna narkoba di Lampung tahun 2019 turun menjadi 0.9 dengan estimasi pernah pakai dan satu tahun terakhir pemakai yakni 31.181. Angka ini turun dari prevalensi pengguna tahun 2017 yakni 1.94.

Jika diurutkan berdasarkan angka Prevalensi pengguna, Lampung kini berada di urutan ke-12 se Nasional dan 8 se-Sumatera. Ada dua provinsi yang angka prevalensi penggunanya sama dengan Lampung yakni Bengkulu dan Banten. 

Setiaji Bintang Pamungkas

Sumber:

COMMENTS

Nama

aceh,3,agam,3,anti narkoba,42,baanar,1,banda aceh,1,bandar lampung,2,bandung barat,1,banten,7,batam,5,bener meriah,1,bersinar,12,bnn,48,bogor,1,ciamis,1,cianjur,2,cilacap,3,cirebon,1,deliserdang,1,depok,1,desa,1,desa bersih narkoba,4,desa bersinar,31,dki jakarta,2,gann,2,garut,1,gowa,2,gpan,1,granat,3,indonesia,1,jakarta utara,1,jambi,5,jawa,53,jawa barat,16,jawa tengah,23,jawa timur,3,kabupaten tapanuli tengah,1,kalimantan,2,kalimantan barat,2,kampung anti narkoba,66,kampung bersih narkoba,3,kampung bersinar,1,kampung tangguh,3,kampus bersinar,2,karang taruna,1,kebumen,5,kemendes,1,kemenpora,1,kendal,2,kepulauan riau,6,kerinci,1,kesbangpol,4,kupang,1,lampung,3,langsa,1,lombok barat,1,magelang,7,malang,1,maluku,1,maros,1,mataram,1,NU,1,nusa tenggara barat,2,nusa tenggara timur,1,padangsidimpuan,1,palembang,1,PANNA,2,pemda,16,polri,18,pontianak,1,probolinggo,1,purbalingga,1,purwakarta,6,riau,1,satgas,2,sekadau,1,semarang,1,serdang bedagai,1,sleman,3,solo,1,solok,4,sragen,1,stop narkoba,41,sulawesi,5,sulawesi selatan,5,sumatera,30,sumatera barat,7,sumatera selatan,1,sumatera utara,4,surabaya,1,surakarta,1,talakar,2,tangerang,3,tangerang selatan,4,tanjung jabung barat,1,tanjung jabung timur,1,tasikmalaya,1,tebing tinggi,1,tegal,2,tni,2,tual,1,way kanan,1,yogyakarta,3,
ltr
item
Kampung Anti Narkoba: BNN Lampung akan Bentuk Desa dan Kampus Bersih Narkoba
BNN Lampung akan Bentuk Desa dan Kampus Bersih Narkoba
https://1.bp.blogspot.com/-7ocbbF8rhII/XvYzGjMY6MI/AAAAAAAADnk/1pKyzdVZvBc7WOnXxQsu8adW7JlGoV8kQCLcBGAsYHQ/s640/bnn-lampung-akan-bentuk-desa-dan-kampus-bersih-narkoba.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-7ocbbF8rhII/XvYzGjMY6MI/AAAAAAAADnk/1pKyzdVZvBc7WOnXxQsu8adW7JlGoV8kQCLcBGAsYHQ/s72-c/bnn-lampung-akan-bentuk-desa-dan-kampus-bersih-narkoba.jpg
Kampung Anti Narkoba
https://kampung.antinarkoba.com/2020/06/bnn-lampung-akan-bentuk-desa-dan-kampus.html
https://kampung.antinarkoba.com/
https://kampung.antinarkoba.com/
https://kampung.antinarkoba.com/2020/06/bnn-lampung-akan-bentuk-desa-dan-kampus.html
true
5793307521536609984
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy