Menengok Kampung Sanggung Kedungwaduk, Kampung Anti Narkoba Pertama di Sragen. Warga Sepakat Tak Akan Tergoda Rayuan, Sanksi Sosial Bagi Warga Yang Ketahuan Makai

Segenap tokoh karang taruna, pemuda, dan warga Dukuh Sidodadi Sanggung saat mendeklarasikan dan berikrar sebagai kampung anti narkoba. Fot...

Segenap tokoh karang taruna, pemuda, dan warga Dukuh Sidodadi Sanggung saat mendeklarasikan dan berikrar sebagai kampung anti narkoba. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Maraknya peredaran narkoba dan obat-obatan terlarang di sejumlah wilayah di Sragen dalam beberapa waktu terakhir memang menjadi keprihatinan tersendiri.

Tingginya angka kasus dan massifnya peredaran narkoba yang mulai merambah generasi muda, seolah menghadirkan kemirisan di kalangan masyarakat.

Berangkat dari keprihatinan itu, sejumlah tokoh muda di Karang Taruna Tunas Muda Dukuh Sidodadi Sanggung, Desa Kedungwaduk, Kecamatan Karangmalang, Sragen mulai tergerak. Tak ingin desanya terimbas peredaran narkoba, karang taruna di Dukuh Sidodadi Sanggung akhirnya sepakat merintis dan mendeklarasikan wilayahnya sebagai kampung anti narkoba.

Pencanangan kampung anti narkoba itu digelar Rabu (2/10/2019) malam dengan dihadiri anggota karang taruna dan sejumlah tokoh di kampung setempat.

Sebelum deklarasi, para anggota karang taruna yang didominasi pelajar dan remaja, terlebih dahulu diberikan paparan terkait jenis dan bahaya dampak narkoba oleh perwakilan LSM Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) Sragen.

Ketua Karang Taruna Tunas Muda Sidodadi Sanggung, Cahyo Purnomo mengatakan deklarasi kampung anti narkoba itu digagas sebagai bentuk keprihatinan akan maraknya peredaran narkoba dan obat terlarang di wilayah Karangmalang.

Menurutnya, kampung antinarkoba itu dirintis sebagai wujud komitmen karang taruna, pemuda dan masyarakat di Dukuh Sidodadi Sanggung untuk bersama-sama membentengi kampung dari peredaran narkoba.

“Makanya tadi malam semua berkumpul dan sepakat untuk mendeklarasikan Kampung Sidodadi Sanggung ini sebagai kampung antinarkoba. Karena kami prihatin, peredaran narkoba dan obat terlarang seperti pil koplo itu sudah banyak di desa sekitar sini. Ibaratnya kampung kami ini sudah dikepung bahaya narkoba. Sudah banyak pelaku yang ditangkap di waduk Brambang Wonokerso, lalu di Plosokerep, Celep dan Pengkok juga. Makanya kami berinisiatif merintis kampung antinarkoba,” paparnya Kamis (3/10/2019).

Agung menguraikan dalam deklarasi itu, ada 4 poin yang diikrarkan semua peserta karang taruna dan warga. Di antaranya tidak akan menggunakan narkoba dan tidak akan menerima ajakan maupun rayuan memakai narkoba.

Sebagai bentuk keseriusan, di setiap sudut di kampung ini dipasangi 4 butir deklarasi itu sebagai pengingat warga.

“Kalau ada yang kedapatan menggunakan, sudah sepakat ada sanksi moral dan sosial. Tapi sebelum sampai ke tahap sanksi itu, tetap kami kedepankan pembinaan dulu,” terangnya.

Bagaimana implementasi di lapangan? Agung menguraikan selain mengintensifkan sosialisasi bahaya narkoba, warga dan karang taruna nantinya akan melakukan pendekatan apabila ada remaja atau pelajar yang kumpul-kumpul atay nongkrong dengan gelagat mencurigakan.

“Karena sasaran utama peredaran narkoba itu saat ini justru banyak menyasar pelajar dan remaja. Padahal mereka mungkin hanya ikut-ikutan tapi sebenarnya belum tahu bahayanya,” terangnya.

Salah satu tokoh pemuda Sanggung, Anung Hariyanto (32) as Sidodadi RT 16, memandang gagasan kampung anti narkoba itu sangat bagus. Sebab saat ini ia memandang peredaran narkoba dan psikotropika di Sragen sudah sangat mengkhawatirkan.

“Makanya sebelum merambah ke sini, kita bentengi dan antisipasi dulu. Ini juga bagian pembinaan dan penyelamatan adik-adik generasi muda kita. Kami juga memberi pengarahan ke orangtua untuk selalu mengawasi anak-anaknya. Dan yang tak kalah penting adalah keimanan,” terangnya.

Gagasan para pemuda itu langsung memantik respon positif dari Pemdes setempat. Sekdes Kedungwaduk, Endang Dwi Astuti menyampaikan secara prinsip, Pemdes sangat mendukung ide tersebut.

Sosialisasi bahaya narkoba yang difasilitasi LSM Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) di Kampung Anti Narkoba Dukuh Sidodadi, Sanggung, Kedungwaduk, Karangmalang. Foto/Wardoyo

Menurutnya bahaya peredaran narkoba saat ini memang harus dibendung. Sebab konsumsi narkoba bisa membawa dampak buruk terhadap kelanjutan masa depan generasi muda.

Ia bahkan berharap inisiatif dari Karang Taruna Sanggung itu bisa menginspirasi desa lain dan wilayah lain.

“Bagus sekali apa yang dilakukan karang taruna Tunas Muda Sidodadi ini. Harapan kami, ke depan malah bisa mencakup wilayah satu desa dan bahkan kabupaten,” terangnya.


Endang menyampaikan Pemdes juga siap mendukung kegiatan yang terkait dengan sosialisasi bahaya narkoba. Bahkan siap memprioritaskan alokasi anggaran jika memang ke depan membutuhkan dana untuk menopang kegiatan utamanya dalam hal sosialisasi.

“Kami pandang ini kegiatan positif untuk mencegah generasi muda dari bahaya narkoba. Makanya kalau memang mendesak, kami juga siap memasukkan sebagai daftar program prioritas di Musrenbangdes agar dianggarkan di APBDes Perubahan nanti,” tandasnya. Wardoyo

Sumber:

COMMENTS

Nama

aceh,3,agam,3,anti narkoba,42,baanar,1,banda aceh,1,bandar lampung,2,bandung barat,1,banten,7,batam,5,bener meriah,1,bersinar,12,bnn,48,bogor,1,ciamis,1,cianjur,2,cilacap,3,cirebon,1,deliserdang,1,depok,1,desa,1,desa bersih narkoba,4,desa bersinar,31,dki jakarta,2,gann,2,garut,1,gowa,2,gpan,1,granat,3,indonesia,1,jakarta utara,1,jambi,5,jawa,53,jawa barat,16,jawa tengah,23,jawa timur,3,kabupaten tapanuli tengah,1,kalimantan,2,kalimantan barat,2,kampung anti narkoba,66,kampung bersih narkoba,3,kampung bersinar,1,kampung tangguh,3,kampus bersinar,2,karang taruna,1,kebumen,5,kemendes,1,kemenpora,1,kendal,2,kepulauan riau,6,kerinci,1,kesbangpol,4,kupang,1,lampung,3,langsa,1,lombok barat,1,magelang,7,malang,1,maluku,1,maros,1,mataram,1,NU,1,nusa tenggara barat,2,nusa tenggara timur,1,padangsidimpuan,1,palembang,1,PANNA,2,pemda,16,polri,18,pontianak,1,probolinggo,1,purbalingga,1,purwakarta,6,riau,1,satgas,2,sekadau,1,semarang,1,serdang bedagai,1,sleman,3,solo,1,solok,4,sragen,1,stop narkoba,41,sulawesi,5,sulawesi selatan,5,sumatera,30,sumatera barat,7,sumatera selatan,1,sumatera utara,4,surabaya,1,surakarta,1,talakar,2,tangerang,3,tangerang selatan,4,tanjung jabung barat,1,tanjung jabung timur,1,tasikmalaya,1,tebing tinggi,1,tegal,2,tni,2,tual,1,way kanan,1,yogyakarta,3,
ltr
item
Kampung Anti Narkoba: Menengok Kampung Sanggung Kedungwaduk, Kampung Anti Narkoba Pertama di Sragen. Warga Sepakat Tak Akan Tergoda Rayuan, Sanksi Sosial Bagi Warga Yang Ketahuan Makai
Menengok Kampung Sanggung Kedungwaduk, Kampung Anti Narkoba Pertama di Sragen. Warga Sepakat Tak Akan Tergoda Rayuan, Sanksi Sosial Bagi Warga Yang Ketahuan Makai
https://1.bp.blogspot.com/-F9FILUyph7k/XvttMSuWwjI/AAAAAAAADow/HVQSYo0ixLYCicPBCA2G4BDo0XJLlhEbgCLcBGAsYHQ/s640/ikrar%2Bdesa%2Banti%2Bnarkoba%2Bsidodadi%2Bsragen.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-F9FILUyph7k/XvttMSuWwjI/AAAAAAAADow/HVQSYo0ixLYCicPBCA2G4BDo0XJLlhEbgCLcBGAsYHQ/s72-c/ikrar%2Bdesa%2Banti%2Bnarkoba%2Bsidodadi%2Bsragen.jpg
Kampung Anti Narkoba
https://kampung.antinarkoba.com/2019/10/menengok-kampung-sanggung-kedungwaduk.html
https://kampung.antinarkoba.com/
https://kampung.antinarkoba.com/
https://kampung.antinarkoba.com/2019/10/menengok-kampung-sanggung-kedungwaduk.html
true
5793307521536609984
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy